Jumat, 04 Desember 2009

tanggapan: Kolom New Wave Marketing "Manajemen Pelanggan di Kedai Kopinya Paman Howie"

"Bloggers @ MarkPlus Conference 2010"
artikel :



komentar : sebagai mahasiswa tingkat 3jurusana Akuntansi. saya masih sangat awam dengan dunia per-Marketing-an , untuk hal2 yang memang perlu pembelajaran. tetapi saya cukup kenal dengan orang di dunia marketing.

dalam tulisan di koran kompas tentang "Manajemen Pelanggan di Kedai Kopinya Paman Howie", saya sangat setuju dengan apa yang ada ditulisan tersebut.

sesuatu perusahaan boleh dibilang tidak terlepas dari suatu komunitas. entah komunitas itu sengaja dibentuk oleh perusahaanya untuk Produknya. atau komunitas yang memang sudah ada dan telah tertarik dengan produk dari suatu jasa.

Komunitas bisa membuat sesuatu lebih menjadi terkenal dalam memperkenalkan membuat suatu brand atau hal lainnya, dan itu telah banyak dilakukan oleh perusahaan2 besar. seperti Kompas MuDA yang membuat Komunitas Kompas MuDA Family seperti Volunteer, anak magang, dll. serta YAMAHA yang telah melahirkan banyak orang pecinta YAMAHA,pemilik sepeda motor YAMAHA.. yang membuat YAMAHA tetap eksis. dan Komunitas membantu itu. seperti yang dikatakan pemimpin Yamaha Motor Indonesia dalam suatu acara ICE " Indonesia Consumunity Expo" dimana di berkata : bahwa semua yanga ada tidak terlepas dari Komunitas.dan mereka juga berkontribusi besar secara tidak langsung untuk suatu perusahaan atau produk.sehingga sangat mensupport sebuah Komunitas.

di starbucks. pemilik telah berpikir siapa saja target pelanggan yang nantinya yang akan menjadi pelanggan nya. dan itu cukup berhasil.. biasanya suatu komunitas akan setia dengan tempat yang membuat teman2 sekomunitasnya merasa nyaman dan homie. mereka akan mungkin sekali bertandang ke tempat itu lagi bahkan memberi tahu ke yang lainnya. dan pasti ada suatu target yang berujung pada Keloyal an. dimana sudah fall in love with the product!! dan pastinya juga muncul komunitas baru yang terbentuk karena kesukaan akan produk starbucks.. karena rasa, tempat dan suasana. dan memang terkadang ada penanaman Level tersendiri untuk membuat suatu tempat nyaman untuk seseorang dan Level starbucks adalah untuk kelas menengah dan keatas.. yang suasanayang tidak begitu gaduh.. sehingga bagus sekali jika starbucks menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan komunitas serta mensupport karena kesuksesnya tidak lepas dar komunitas yang terbentuk atau sudah dibentuk. terima kasih...

=))..

Tidak ada komentar:

starting to create her own future life